EKSPERIMEN SIFAT KOLIGATIF:
NAIK TITIK DIDIH LARUTAN - 12 IPA 2
SENIN, 31 AGUSTUS 2015
SMA XAVERIUS 1 JAMBI
Dirancang oleh:
Elizabeth Tjahjadarmawan, S.Si, M.Pd
Salam Kimia,
Kimia adalah bagian dari ilmu sains dasar yang mudah diterapkan dan dibuktikan konsep-konsepnya. Setelah Anda mempelajari sifat koligatif larutan marilah kita buktikan bagaimana sifat koligatif larutan (dalam hal ini adalah naik titik didih larutan) dapat digunakan untuk memprediksi suatu zat yang ada di sekitar kita. Pada praktikum kali ini digunakan larutan gliserin, NaCl, dan CaCl2.
Anda diajak untuk berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) dalam hal ini Anda akan akan menganalisis, mensintesis (merancang percobaan), dan mengevaluasi hasil praktikum Anda dalam suatu kolaborasi kelompok sehingga soft skill Anda yaitu kemampuan kerjasama, berdiskusi, berpikir kritis, mengeluarkan ide, keterampilan berbicara (mempresentasikan hasil kerja), serta kemampuan menulis Anda akan dilatih.
Pada kali ini kelas 12 IPA 2 akan mendapatkan topik eksperimen berikut:
EKSPERIMEN KIMIA KELAS 12 IPA 2, TAHUN AJARAN 2015-2016.
JUDUL:
Sifat Koligatif: Naik Titik didih larutan elektrolit dan nonelektrolit
TUJUAN:
Memprediksi zat gliserin, NaCl, atau CaCl2 dari kenaikan titik didih larutannya.
PRINSIP (TEORI DASAR):
Larutan dibandingkan pelarut murninya (dalam hal ini adalah air) memiliki lebih banyak zat terlarut yang akan memengaruhi kekuatan gaya interaksi molekulnya terhadap perubahan wujud zat baik menguap, mendidih, maupun membeku. Dengan demikian terjadi perubahan titik didih dan titik beku larutan tersebut dibandingkan titik didih atau titik beku pelarut murninya. Titik didih larutan yang diuji dapat dibandingkan terhadap larutan murninya sehingga dapat diprediksi zat yang terdapat dalam larutan tersebut.
ALAT DAN BAHAN yang harus dibawa: (bahan-bahan sudah tersedia di labor)
1. Label
2. Tissue dan serbet (lap)
3. 10 gelas plastik bekas air mineral
4. Spiritus 1 botol kecil dan korek api
5. 5 Sendok teh
6. AIR AQUA 1 botol kecil (330 ml)
7. Kamera pada Hp untuk mengambil foto dan video
8. Laptop connectedinternet(untuk mengirim data hasil praktikum segera setelah praktikum selesai).
METODE
Rancanglah cara kerja untuk melakukan percobaan ini. Yang akan Anda ukur adalah:
titik didih air dibandingkan titik didih dari 3 jenis zat yang diberi label A,B, C (tersedia di atas meja praktikum Anda). Zat tersebut diketahui sebagai larutan gliserin, garam dapur NaCl, dan CaCl2. Berdasarkan hasil eksperimen, Anda akan bisa menebak zat A, B, C adalah zat yang mana.
Jadi rancang cara kerjanya (per kelompok) sehingga Anda bisa menentukan perbedaan titik didih air vs titik didih masing-masing dari ke-3 jenis larutan yang akan Anda buat.
Jadi yang Anda harus tentukan adalah:
-titik didih air murni (solvent)
-titik didih larutan zat A,B, C masing-masing jumlahnya 1 molal dalam volume larutan hanya 25 ml. (ingat jumlah molal setiap zat harus sama). Catatan: untuk gliserin cari terlebih dahulu Rumus molekul gliserin nya.
PERSIAPAN KELOMPOK:
Tulis cara kerja Anda dan kirim dengan menulis:
12 IPA 2 – No. absen ketua kelompok
Paling lambat hari Sabtu, 29 Agustus 2015 pukul 00.00 WIB untuk diberi saran dan masukan oleh guru. Pada kolom chat box, Anda boleh bertanya kepada guru jika ada hal yang kurang jelas.
LAPORAN HASIL EKSPERIMEN
Setelah praktikum selesai, foto atau lakukan screen shot pada data hasil eksperimen terlebih dahulu, simpan dalam format JPG atau PNG dan kirim ke blog kimia www.catatangurukimia.blogspot.compada kolom CHAT BOX
dengan format berikut:
Kelas 12 IPA 2. Tulis No Absen: ..........., ..........., ..........., .........., .............
No | Zat yang diuji | Waktu larutan mulai mendidih (menit) | Titik didih larutan (oC) | ∆T didih (oC) |
1 | Air mineral | |||
2 | Zat berlabel A | |||
3 | Zat berlabel B | |||
4 | Zat berlabel C | |||
Penulisan laporan dalam bentuk video yang disimpan dengan format nama file:
1 12 IPA 2-ketua kelompok-naik titik didih larutan. wmv
I Instruksi kerja:
Buatlah laporan praktikum dalam bentuk foto yang Anda buat jadi movie software Windows Movie Maker.. Insert foto yang Anda ambil saat praktikum lalu insert voice (suara) yang menjelaskan foto tersebut pada setiap slide. Insert juga music sebagai background slide.
Bagian yang harus ditampilkan pada video sbb:
Format laporan sbb:
ü JUDUL EKSPERIMEN (1 slide)
ü TUJUAN (1 slide)
ü PRINSIP (TEORI DASAR) (1 slide)
ü ALAT DAN BAHAN (SERTAKAN FOTO) (max 2 slide)
ü METODE (SERTAKAN FOTO) (max 4 slide)
ü HASIL PENGAMATAN tampilkan:
VIDEO SAAT LARUTAN MULAI MENDIDIH)
(AMBIL VIDEO SAAT LARUTAN SEDANG MENDIDIH)
Datanya berupa Tabel dan Grafik)
ü DISKUSI DAN PEMBAHASAN (max 3 slide)
diskusikan hal berikut:
1. Apa beda gliserol dan gliserin? Tuliskan rumus molekul gliserin.
2. Ikatan kimia apa yang terdapat pada gliserin, NaCl, dan CaCl2.
3. Berdasarkan data naik titik didih yang Anda peroleh, berikan argumentasi ilmiah yang mendasari Anda untuk menentukan jenis larutan berlabel A,B,C sebagai gliserin, NaCl, atau CaCl2.
4. Bahas khusus pada data yang menurut Anda “ menarik” untuk didiskusikan.
ü KESIMPULAN (1 slide)
(Tulis bagaimana hubungan naik titik didih larutan terhadap penentuan jenis larutan)
ü SARAN (1 slide)
(Jika ada, sarankan sesuatu terkait hasil percobaan Anda, metode, sesuai tujuan praktikum)
ü DAFTAR PUSTAKA (1 slide)
(minimal 2 buah)
ü Ucapan terima kasih pada guru pembimbing Anda dan ditutup dengan:
-CREDIT (tim pembuat dan tugas-tugasnya)
-Copyright SMA Xaverius 1 Jambi – September 2015
Deadline: Jumat, 4 September pukul 18.00 WIB
F File yang dikirim ke email: lizchem70@gmail.com (GMAIL ya)
( Ingat kapasitas video yang dikirim maximal 20 MB/sent email)
(1) satu buah file video laporan hasil eksperimen.
(2) satu buah file foto saat Anda satu kelompok bekerja sama dalam pembuatan video (semua anggota kelompok harus ada dalam foto tsb), foto ditampilkan dalam keadaan sedang bekerja.
P Pengerjaan di luar ketentuan tidak akan diberi nilai. Mohon diperhatikan. Terima kasih.
0 Response to "KELAS 12 IPA 2 LIHAT INI: EKSPERIMEN SIFAT KOLIGATIF NAIK TITIK DIDIH LARUTAN SENIN 31 AGT 2015"
Post a Comment