PORTOFOLIO: DIAGRAM SEL VOLTA KELAS 12 IPA

PORTOFOLIO DIAGRAM SEL VOLTA
KELAS 12 IPA 1,2,3
SMA XAVERIUS 1 JAMBI

Diagram sel Volta merupakan bagan yang menggambarkan suatu sel yang dibuat sebagai sumber reaksi redoks (energi kimia) yang akan berubah menjadi energi listrik.

Memahami rangkaian sel Volta, sebelum dilakukan praktikum, siswa diharapkan mampu memvisualisasikannya terlebih dahulu dalam bentuk gambar atau diagram sebagai salah satu rangkaian kegiatan 5 M dalam Kurikulum 2013.

Berikut adalah dokumentasi portofolio kelas 12 IPA 1,2,dan 3 sebagai tugas membuat diagram sel volta di bawah bimbingan ibu Elizabeth Tjahjadarmawan, S.SI, M.Pd guru kimia di SMA XAVERIUS 1 JAMBI, pada Oktober 2014.











Hal yang penting diperhatikan pada pembuatan diagram Volta adalah arah elektron yang mengalir dari anoda ke katoda. Jadi pastikan bahwa logam-logam sebagai anoda dan katoda tidka terbalik.  Ingat posisi logam pada Deret VOlta.  

Sel volta juga dapat dibuat dengan menggunakan gas H2 yang disambungkan pada kawat Platina (pt) yang inert.  Sedangkan bagian elektrode lainnya dipilih logam sesuai dengan posisinya terhadap H2 dalam deret Volta.  Nilai potensial reduksi stand (E0 red) berperan dalam menentukan siapa anoda dan siapa katoda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PORTOFOLIO: DIAGRAM SEL VOLTA KELAS 12 IPA"

Post a Comment